IKLAN N2Q VERTICAL

Zhong Kui, Sang Dewa Pemburu Setan

Zhong Kui, Dewa Pemburu SetanZhong Kui, Dewa Pemburu Setan – Dalam Kepercayaan Masyarakat Tionghoa, terdapat seorang Dewa yang bertugas untuk memburu setan dan hantu serta makhluk halus yang mengganggu kehidupan manusia. Dewa tersebut adalah Zhong Kui [钟馗], seorang tokoh yang pernah hidup pada zaman dinasti Tang tepatnya pada masa pemerintahan Kaisar Tang De Zong [唐德宗]. Zhong Kui merupakan warga Zhong Nan [终南] Provinsi Yong [雍州] pada Dinasti Tang (sekarang di Kota Xi’an Provinsi Shan Xi [陕西]). Zhong Kui berpenampilan agak aneh dan berbeda dengan orang biasa pada umumnya serta berwajah yang menakutkan, namun Zhong Kui memiliki talenta yang hebat dan berhati baik.

Asal Usul Zhong Kui dikenal sebagai Dewa Pemburu Setan

Berdasarkan catatan sejarah, pada saat zaman Dinasti Tang sekitar tahun 618-907, Kaisar Tang Xuan Zong [唐玄宗] yang merupakan kaisar yang berkuasa saat itu sakit keras dalam perjalanan ke daerah-daerah wilayah kekuasaan Dinasti Tang. Banyak cara yang telah dilakukan oleh para dokter kekaisaran untuk menyembuhkan sang Kaisar, namun semuanya tidak menemukan hasil yang berarti. Suatu malam, Kaisar Tang Xuan Zong mimpi adanya seorang hantu yang mencuri hartanya, dengan sangat marah, sang Kaisar mencela hantu kecil tersebut. Namun beberapa saat kemudian muncul seorang Hantu besar dengan topi yang rusak menangkap hantu kecil tersebut dan menelan hantu kecil tersebut. Kaisar Tang Xuan Zong kemudian bertanya kepada Hantu besar tersebut tentang dirinya. Hantu besar tersebut kemudian menjawab “Nama saya adalah Zhong Kui, Saya sebenarnya adalah warga Zhong Nan Provinsi Yong yang berhasil lulus Ujian Negara dengan gelar Sarjana (Jìnshì[进士]), namun karena Kaisar pada saat itu tidak menyukai saya dengan alasan wajah saya yang terlalu menakutkan sehingga saya ditolak sebagai pegawai kekaisaran. Dengan perasaan yang sangat kesal dan kecewa, saya bunuh diri di hadapan Kaisar Tang De Zong”. Setelah meninggal, saya bekerja sebagai pemburu hantu dan setan.

Keesokan harinya, Kaisar Tang Tai Zong bangun dari tidurnya dan merasa semua penyakitnya hilang, dengan demikian sang Kaisar memerintahkan seorang pelukis yang sangat terkenal yaitu Wu Dao Zi [吴道子] untuk menggambar rupa Zhong Kui dan memberikannya kepada rakyat Dinasti Tang agar mereka bebas dari segala gangguan makhlus halus serta dapat hidup dengan tenteram.

Dalam Ajaran Taoisme, Zhong Kui juga dikenal dengan sebutan gelar “Zhèn Zhái Shèng Jūn [镇宅圣君]” yaitu Raja Pelindung Rumah dan “Qū Mó Zhēn Jūn[驱魔真君]” yaitu Raja Pengusir Setan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*