IKLAN N2Q VERTICAL

Penjelasan dan Arti Tulisan Mandarin dalam Kalender Imlek

penjelasan kalender imlekKalender Tradisional Imlek yang berisikan berbagai macam informasi penting didalamnya disebut juga dengan “Huang Li [黄历] (Kalender Huang)” atau “Huang Li [皇历] (Kalender Kerajaan)”.  Sebutan Kalender Huang (Huang Li [黄历]) memiliki arti bahwa Kalender Imlek adalah Kalender yang diciptakan sejak Zaman Huang Ti (Leluhur Orang Tionghoa). Sedangkan yang dimaksud dengan Kalender Kerajaan (Huang Li [皇历]) karena pada zaman dulu yang berwewenang untuk menerbitkan Kalender Imlek (Huang Li [皇历]) tersebut adalah pihak kerajaan yang berkuasa saat itu.

Informasi-informasi yang terdapat di Kalender Tradisional Imlek (Huang Li) diantaranya informasi tentang penanggalan kalender Internasional (Tahun, Bulan, Tanggal, Hari), Penanggalan Imlek (Tahun, Bulan, Tanggal dan Waktu), hari-hari besar Imlek, Waktu baik dan waktu tidak baik dalam melakukan sesuatu, Hal-hal yang dapat dilakukan dan hal-hal yang perlu dihindari pada hari yang besangkutan, 24 Iklim dan Cuaca (24 Jie Qi) serta informasi-informasi penting lainnya.

Saat ini, Kalender Tradisional Imlek banyak yang dicetak dari China, Hongkong dan Taiwan sehingga rata-rata tulisannya adalah dalam bahasa Mandarin. Untuk lebih mengerti mengenai penggunakan Kalender Imlek ini, Saya coba untuk melakukan penjelasan secara singkat mengenai Informasi-informasi dalam Kalender Tradisional Imlek ini .

Berikut ini adalah beberapa informasi dasar yang sering ditemukan dalam suatu kalender Imlek :Arti tulisan mandarin dalam Kalender Imlek

Keterangan :

Nomor 1 :
Tahun dan Bulan pada penanggalan Kalender Internasional / Masehi

Nomor 2 :
Tanggal pada penanggalan Kalender Internasional / Masehi

Nomor 3 : 
Hari pada penanggalan Kalender Internasional / Masehi

Nomor 4 : 
Tahun, Bulan dan Tanggal pada penanggalan Kalender Imlek
Contoh : 农历甲午年正月小 [Nóng lì jiǎ wǔ nián zhēng yuè xiǎo]
Artinya : Imlek, Tahun Jia Wu (Sebutan Tahun), Bulan Satu, bulan kecil.
Yang dimaksud dengan bulan kecil (xiao yue [小月]) adalah bulan yang hanya memiliki 29 hari, sedangkan bulan besar (da yue [大月]) adalah bulan yang memiliki 30 hari.

Nomor 5 :
Waktu yang baik [吉] dan waktu yang tidak baik [凶]

Nama Waktu

Jam

子  [Zi]

23.00 – 01.00

丑  [Chǒu]

01.00 – 03.00

寅 [Yín]

03.00 – 05.00

卯 [Mǎo]

05.00 – 07.00

辰 [Chén]

07.00 – 09.00

巳 [Sì]

09.00 – 11.00

午 [Wǔ]

11.00 – 13.00

未 [Wèi]

13.00 – 15.00

申 [Shēn]

15.00 – 17.00

酉 [Yǒu]

17.00 – 19.00

戌 [Xū]

19.00 – 21.00

亥 [Hài]

21.00 – 23.00

 

Nomor 6 :
Tulisan Yi [宜] menunjukkan hal-hal yang cocok dan dapat dikerjakan pada hari yang bersangkutan

Nomor 7 :
Tulisan Ji [忌] menunjukkan hal-hal yang perlu dihindari pada hari yang bersangkutan.

1 Comment on Penjelasan dan Arti Tulisan Mandarin dalam Kalender Imlek

  1. Penjelasannya cukup menarik…. dari dulu lihat tanggalan sobek begini, sekarang baru mengerti artinya. Bisa lebih dijelaskan juga yg di kotak-kotak lainnya? Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*