IKLAN N2Q VERTICAL

Idiom Mandarin : Yi Jian Shuang Diao [一箭双雕]

Idiom Mandarin Yi Jian Shuang Diao

Tulisan dalam Mandarin : 一箭双雕
Pinyin : yī jiàn shuāng diāo
Terjemahan ke Bahasa Indonesia : Mendapatkan dua ekor burung Rajawali sekaligus dalam sekali memanah.

Artinya : Mendapatkan dua keuntungan sekaligus dalam sekali bekerja.

Asal usul Idiom Yi Jian Shuang Diao [一箭双雕]

Pada zaman Dinasti Nan Bei (Selatan Utara), ada seorang Jenderal yang bernama Zhangsun Cheng [长孙晟]. Zhangsun Cheng memiliki bakat dalam ilmu militer dan strategi perang serta mahir dalam persilatan terutama dalam kemampuan memanah.

Saat itu, Pemimpin Bangsa Turk (Tūjué  [突厥]) yang bernama She Tu [摄图] datang ke Negara Zhou Utara melamar Putri Raja. Raja Zhou Utara kemudian memilih seorang Putrinya untuk dinikahkan ke Pemimpin Bangsa Turk tersebut. Zhangsun Cheng ditugaskan sebagai pemimpin pengawal yang melindungi sang Putri agar aman tiba di wilayah bangsa Turk.

Setelah tiba di wilayah bangsa Turk, She Tu mengajak Zhangsun Cheng untuk berburu. Pada saat itu, She Tu melihat ada dua ekor burung Rajawali di langit yang merebut sepotong daging. Untuk menguji kemampuan memanah Zhangsun Cheng, She Tu secara mendadak memberikan Zhangsun Cheng 2 anak panah dan memintanya untuk memanah 2 ekor burung Rajawali tersebut. Zhangsun Cheng menerima anak panah tersebut dan memasangkan salah satunya ke Busur Panah kemudian mengarah ke 2 ekor burung Rajawali yang masih berebut potongan daging. Mengambil kesempatan burung Rajawali yang berebutan daging, Zhangsun Cheng kemudian membidik ke kedua ekor burung Rajawali tersebut dan melepaskan anak panahnya. Kedua ekor burung Rajawali tersebut jatuh sekaligus terkena anak panah yang dilepaskan oleh Zhangsun Cheng. Dengan demikian Zhangsun Cheng berhasil memanah dua ekor burung Rajawali hanya dengan menggunakan satu anak panah dan sekali memanah.

Sang Pemimpin Bangsa Turk, She Tu langsung berteriak dan memuji Zhangsun Cheng, “Mantap, teknik memanah yang luar biasa”.

Mulai saat itu, idiom atau Cheng Yu “Yi Jian Shuang Diao [一箭双雕]” sering digunakan untuk mengiaskan melakukan satu kali pekerjaan namun mendapatkan dua keuntungan.

Belajar Bahasa Mandarin

Berikut ini adalah artinya dari masing-masing karakter mandari dalam idiom/cheng yu Yi Jian Shuang Diao [一箭双雕].

一 (yī) : Satu
箭 (jiàn) : Panah
双 (shuāng) : Sepasang/double
雕 (diāo) : Burung Rajawali

Dalam bahasa Inggris, Yi Jian Shuang Diao [一箭双雕] disebut dengan “Kill Two Birds with one stone/arrow

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*