IKLAN N2Q VERTICAL

Idiom Mandarin : Wo Xin Chang Dan [卧薪尝胆]

Wo Xin Chang Dan (Idiom Mandarin /Chengyu)

Tulisan dalam Mandarin :卧薪尝胆
Pinyin : wò xīn cháng dǎn
Terjemahan ke Bahasa Indonesia : Tidur diatas kayu bakar dan merasakan pahitnya Empedu

Artinya : Berusaha keras untuk mencapai suatu tujuan atau cita-cita

Asal usul Idiom Wo Xin Chang Dan [卧薪尝胆]

Pada zaman Chun Qiu [春秋] , terjadi peperangan antara Negara Wu [吴] dan Negara Yue [越]. Negara Wu yang memiliki kekuatan Militer yang jauh lebih besar berhasil mengalahkan Negara Yue. Raja Yue yang bernama Gou Jian [勾践] ditahan dan dibawa ke Negara Wu untuk dijadikan Pelayan rendah. Di Negara Wu, Gou Jian mengenakan pakaian kasar dan bekerja sebagai penjaga kuda dan kusir Raja Wu, Fu Chai [夫差]. Istri Gou Jian juga menjadi pelayan yang setiap harinya bangun pagi untuk membersihkan sampah dan debu di sekitar Istana Negara Wu. Hari demi hari, Tahun demi tahun, Gou Jian mengalami siksaan dan penghinaan. Tiga tahun kemudian, Raja Wu menganggap Gou Jian yang telah disiksa dan hina tersebut sudah sangat setia padanya dan tidak mungkin untuk memberontak melawannya lagi. Akhirnya Raja Wu memutuskan untuk memulangkan Gou Jian dan Istrinya beserta para pengikutnya kembali ke negara Yue.

Sepulangnya ke Negara Yue, Gou Jian yang merasa sangat terhina saat berada di Negara Wu secara diam-diam bersumpah akan membalas dendam. Meskipun telah berada di negaranya sendiri, Gou Jian tetap memakai baju yang berkain kasar dan tidur diatas kayu bakar. Pada musim dingin, dia tidur dengan memeluk Es batu. Pada Musim Panas dia tidur disamping api unggun. Di samping tempat tidurnya, Gou Jian meletakan sebuah Empedu yang sangat pahit. Setiap hari, Gou Jian menjilat sekali Empedu pahit tersebut. Tujuannya adalah untuk selalu mengingatkan dirinya sendiri akan tekad untuk membalas dendam. Gou Jian yang merupakan Raja Yue ini selalu bekerja keras dan berusaha untuk membangun kembali negaranya menjadi negara yang kuat dalam perekonomian dan juga kekuatan militernya. Akhirnya pada tahun 473 sebelum masehi, Gou Jian berhasil mengalahkan dan menghancurkan Negara Wu.

Saat ini, Idiom Mandarin atau Chengyu “Wo Xin Chang Dan[卧薪尝胆]” dipakai untuk mengiaskan usaha ataupun kerja keras untuk mencapai tujuan ataupun cita-cita.

Belajar Bahasa Mandarin

Berikut ini adalah arti dari karakter mandarin dalam idiom/cheng yu [成语] ”Wo Xin Chang Dan[卧薪尝胆]”.

  • 卧 (wò) = Tidur berbaring
  • 薪 (xīn) = sejenis kayu yang digunakan untuk menyalakan api
  • 尝 (cháng) = Merasakan
  • 胆 (dǎn) = Empedu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*