IKLAN N2Q VERTICAL

Idiom Mandarin : Dui Zheng Xia Yao [对症下药]

Idiom Mandarin Dui Zheng Xia Yao

Tulisan dalam Mandarin : 对症下药
Pinyin : duì zhèng xià yào
Terjemahan ke Bahasa Indonesia : Memberikan Obat yang tepat untuk Penyakit yang diderita

Artinya : Melakukan tindakan yang tepat pada masalah yang dihadapinya.

Asal usul Idiom Dui Zheng Xia Yao [对症下药]

Huo Tuo adalah seorang dokter terkenal yang hidup pada zaman Dinasti Han Timur. Pada suatu malam, Hua Tuo sedang sibuk menangani pasiennya, tiba-tiba datang dua orang pasien : satu adalah pegawai pemerintah yang bernama Ni Xun [倪寻] dan satu lagi adalah pedagang yang bernama Li Yan Gong [李延共]. Mereka terjangkit penyakit yang mirip, muka merah, badan panas dan lemas.

Huo Tuo kemudian menyambut mereka dan menanyakan kondisi penyakit yang mereka derita, kedua-duanya menjawab dengan jawaban yang sama, “kami sama-sama merasakan kepala sakit dan badan panas”. Huo Tuo tidak mengatakan apapun, hanya meraba nadi mereka. Setelah itu, Huo Tuo mengatakan bahwa Ni Xun harus meminum obat untuk memperlancar pencernaan sedangkan Li Yan Gong harus meminum obat yang dapat mengeluarkan keringat.

Kedua pasien tersebut merasa aneh dan memperingatkan Huo Tuo bahwa kondisi penyakit mereka adalah mirip bahkan sama, mengapa obatnya berbeda.

Huo Tuo tersenyum dan mengatakan bahwa kondisi luar tubuh Ni Xun tidak bermasalah, sakit ini dikarenakan kondisi dalam tubuh yaitu masalah usus yang menyebabkan pencernaannya bermasalah. Sedangkan penyakit Li Yan Gong dikarenakan kedinginan sehingga menyebabkannya demam. Huo Tuo kemudian melanjutkannya lagi “Kondisi Penyakit kalian berdua memang mirip, namun penyebab penyakit kalian berdua berbeda. Oleh karena itu, resep obatnya pun harus berbeda. Ini namanya memberikan obat yang tepat untuk penyakit yang kalian derita”.

Mereka berdua kemudian mengambil obat berdasarkan resep yang diberikan oleh Huo Tuo dan pulang ke rumah masing-masing. Setelah meminum obat tersebut, keesokan harinya penyakit yang mereka derita pun sembuh total.

Pada awalnya, istilah “Dui Zheng Xia Yao [对症下药]” ini berarti dokter memberikan obat yang tepat berdasarkan penyakit yang dideritanya. Namun saat itu, istilah ini berubah menjadi Idiom yang mengiaskan pengambilan tindakan yang tepat untuk menangani masalah yang dihadapinya. Masalah yang berbeda harus ditangani dengan tindakan yang berbeda pula.

Belajar Bahasa Mandarin

Berikut ini adalah arti dari karakter mandarin dalam idiom/cheng yu [成语] “Dui Zheng Xia Yao [对症下药]”

症 (zhèng) : Penyakit
药 (yào) : Obat

Dalam Bahasa Inggris, Idiom “Dui Zheng Xia Yao [对症下药]” disebut dengan “apply medicine according to indications

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*