IKLAN N2Q VERTICAL

Idiom Mandarin : Bai Fa Bai Zhong [百发百中]

Idiom Mandarin Bai Fa Bai Zhong [百发百中]

Tulisan dalam Mandarin : 百发百中
Pinyin : bǎi fā bǎi zhòng
Terjemahan ke Bahasa Indonesia : Seratus Kali Memanah, Seratus kena ke Sasarannya

Artinya : Perencanaan atau tindakan yang selalu mencapai tujuannya atau tepat pada sasarannya.

Asal usul Idiom Bai Fa Bai Zhong [百发百中]

Pada zaman Chun Qiu [春秋], Di Negara Chu [楚] terdapat seorang Jenderal terkenal bernama Yang You Ji [养由基] yang memiliki kehebatan dalam memanah. Ketika Raja Negara Jin menyerang Negara Zheng [郑], Raja Chu Gong Wang [楚共王] yang bersekutu dengan Negara Zheng mengirimkan pasukannya untuk membantu. Dalam peperangan, Seorang Jenderal Negara Jin berhasil melukai mata Raja Chu dengan panahnya. Dengan sangat marah, Raja Chu memberikan 2 anak panah kepada Jenderal Yang You Ji untuk membalas dendamnya. Hasilnya, Jenderal Yang You Ji hanya menggunakan 1 anak panah dalam sekali memanah telah berhasil memanah mati Jenderal Jin tersebut.

Pada zaman pemerintahaan Raja Chu Gong Wang juga, terdapat lagi seorang ahli pemanah bernama Pan Dang [潘党] yang mampu mengenai sasaran pada setiap menembakkan anak panahnya. Yang You Ji kemudian berkata kepadanya, “Ini masih belum apa-apa, kalau kamu dapat memanah mengenai daun lebih dari seratus langkah baru bisa dikatakan pemanah yang lumayan”.

Pan Dang tidak terima dengan pernyataan tersebut, saat itu juga Pan Dan mengambil 3 daun dan menuliskan nomor diatasnya kemudian meminta Yang You Ji untuk memanah ketiga daun tersebut berdasarkan urutan yang dituliskan tersebut. Yang You Ji langsung mengambil anak panahnya dan memanah sebanyak 3 kali. Anak panah pertama mengenai daun nomor pertama, anak panah kedua mengenai daun nomor 2 dan anak panah ketiga mengenai daun nomor 3. Semua anak panah tersebut dengan tepat mengenai pusat daun. Ketepatan dalam memanahnya memang luar biasa.

Istilah “Bai Fa Bai Zhong [百发百中]” pertama kali muncul di buku <Zhan Guo – Xi Zhou> yang menyatakan “Negara Chu ada orang yang bernama Yang You Ji, hebat dalam memanah, memanah daun dengan jarak lebih dari 100 langkah, seratus kali memanah seratus kali mengenai sasarannya”.

Istilah ini kemudian digunakan sebagai Idiom dalam bahasa Mandarin yang mengumpamakan suatu perencanaan atau tindakan yang selalu tepat pada sasarannya.

Belajar Bahasa Mandarin

Berikut ini adalah arti dari karakter mandarin dalam idiom/cheng yu [成语] Bai Fa Bai Zhong [百发百中]。

百 (bǎi) = seratus
发 (fā) = memanah/menembak
中(zhòng) = kena

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*