IKLAN N2Q VERTICAL

Asal Usul Marga Ong (Marga Wang)

asal usal marga ong (Marga Wang)Marga Ong [王] (Bahasa Hokkien) atau dalam Mandarin disebut dengan Marga Wang adalah Marga Tionghoa terbesar di daratan China menurut data statistik tahun 2007 dan menduduki urutan keenam di Taiwan. Di Buku “Bai Jia Xing (Ratusan Marga Tionghoa)”, marga Ong (Wang) menduduki urutan ke-8.  Kata ONG atau WANG dalam bahasa Tionghoa memiliki arti “RAJA”, pemakaian kata tersebut sebagai marga karena  Leluhur Warga Tionghoa yang bermarga Ong (Wang) sebagian besar berasal dari Keluarga Kerajaan (Bangsawan) yang berkuasa pada saat itu. Marga Ong dapat ditelusuri menjadi 3 asal usul utama, diantaranya adalah berasal dari Marga Ji, Marga Zi, dan Marga Gui.

Berasal dari Marga Ji [姬姓]

Marga Ji [姬姓] merupakan Marga Penguasa Dinasti Zhou. Setelah menggulingkan Dinasti Shang, Raja Dinasti Zhou mengadopsi sistem pembagian Wilayah menjadi beberapa Negara bagian Adipati yang kemudian dibagikan kepada beberapa Pejabatnya yang berjasa kepadanya dan juga kepada anggota keluarga Raja Zhou. Tetapi diakhir pemerintahaan Dinasti Zhou, Negara-negara bagian tersebut saling menyerang sehingga banyak Negara Adipati kecil yang lemah dimusnahkan oleh Negara Adipati yang berkekuatan besar. Oleh karena itu, banyak keluarga kerajaan yang mengalami kehilangan Negara Adipatinya menggantikan Marganya menjadi “Wang” yang artinya adalah “Raja”. Leluhur dari Asal usul ini adalah Wang Zi Qiao [王子乔] .

Menurut catatan sejarah, Wang Zi Qiao adalah putra dari Raja Zhou Ling Wang yang saat itu juga merupakan Pangeran Dinasti Zhou dengan gelar Tai Zi Jin (Pangeran Jin atau juga disebut dengan Wang Zi Qiao). Karena terlalu keras mengkritik dan menasehatinya ayahnya, Wang Zi Qiao kemudian dipecat dari statusnya sebagai Pangeran dan menjadi Rakyat Biasa. Masyarakat Kota dimana Wang Zi Qiao bertempat tinggal, rakyat setempat sering menyebutkan Keluarga Wang Zi Qiao sebagai Keluarga Wang yang artinya adalah Keluarga Kerajaan sehingga akhirnya Keluarga Wang Zi Qiao menggunakan Wang (Ong) sebagai Marganya.

Marga Ong (Marga Wang) mulai terkenal pada generasi Wang Zi Qiao yang ke-8,  yaitu Wang Cuo [王错] yang menjadi Jenderal Besar di Negara Wei di zaman semi gugur (Chun Qiu Zhan Guo [春秋战国]) . Di akhir Dinasti Qin dan awal Dinasti Han, Keturunan Jenderal Wang Jian [王翦] (Jenderal Terkenal di masa Dinasti Qin) yang bernama Wang Yuan [王元] dan Wang Wei [王威] mengungsi ke Shan Dong Lang Ya [山东琅琊] dan Shan Xi Tai Yuan [山西太原] yang merupakan kelompok terbesar diantara Marga Ong (Wang).

Berasal dari Marga Zi [子姓]

Marga Zi merupakan asal usul Marga Wang (Ong) yang paling awal karena dapat ditelusuri hingga 3100 tahun yang lalu pada zaman Dinasti Shang. Leluhurnya adalah Bi Gan [比干] yang juga merupakan Pamannya Raja Shang Zhou Wang. Bi Gan yang setia dan selalu mengkritik kekejaman Raja Shang Zhou Wang ini kemudian dibunuh oleh Raja. Keturunan Bi Gan yang juga merupakan keturunan anak Raja ini kemudian menggunakan “Wang” sebagai Nama Keluarganya dan “Zi” sebagai Marganya. Hingga kini Nama Keluarga dan Marga telah menjadi satu yang kemudian hanya disebut sebagai Marga Wang. Wang Zi [王子] dalam bahasa Mandarin berarti anak Raja. Kelompok Marga Ong (Marga Wang) yang merupakan keturunan dari Bi Gan ini pada awalnya berada di daerah He Nan yang kemudian menyebar ke daerah lain seperti He Bei, Gan Su, Shan Dong, dan Shan Xi.

Berasal Marga Gui [妫姓]

Leluhur dari Marga Wang yang berasal dari Marga Gui adalah YU SHUN [虞舜]. Pada awal berdirinya Dinasti Zhou, Raja Zhou Wu Wang membagikan wilayah Dinasti Zhou menjadi negara bagian adipati kepada keturunan Huang Ti [黃帝], Tang Yao [唐堯], dan Yu Shun [虞舜]. Gui Man [媯滿] adalah keturunan dari Kaisar Shun [舜帝] yang ke-32 yang kemudian membentuk Negara Adipati Chen [陈国] diatas wilayah Chen yang diberikan oleh Raja Zhou Wu Wang. Marga-marga seperti 陈 [Chen]、胡 [Hu]、袁 [Yuan]、田 [Tian]、齐 [Qi]、王 [Wang] dan 孙 [Sun] adalah berasal dari Marga Gui.

Asal usul Marga Wang yang berasal dari Marga Gui dapat ditelusuri dari akhir-akhir zaman Dinasti Qin atau sekitar 2300 tahun yang lalu. Setelah Dinasti Qin digulingkan oleh Xiang Yu, Xiang Yu mengangkat Tian An [田安] menjadi Raja Qi Bei Wang [济北王]. Tian An adalah cucu dari Tian Jian [田建] yaitu Raja Negara adipati Qi pada zaman Zhan Guo (Zaman Negara berperang) yang dimusnahkan oleh Dinasti Qin. Liu Bang kemudian mengalahkan Xiang Yu dan mendirikan Dinasti Han sehingga Tian An kehilangan jabatannya sebagai Raja Qi Bei Wang. Keturunan Tian An kemudian menggantikan Marga mereka menjadi Marga Wang. Kelompok Marga Wang yang merupakan Keturunan Tian An ini bertempat tinggal di Bei Hai dan Qing Zhou China.

Tokoh-tokoh terkenal Marga Ong (Marga Wang)

  • Wang Jian [王翦], Jenderal Terkenal di Dinasti Qin
  • Wang Zhao Jun [王昭君], Salah satu dari 4 Wanita tercantik China yang menikah dengan Raja Xiong Nu demi perdamaian negaranya (Dinasti Han).
  • Wang Mang [王莽], Kaisar Dinasti Xin
  • Wang Chang Ling [王昌齡], Penyair terkenal di Dinasti Tang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*