IKLAN N2Q VERTICAL

Asal Usul Marga Lim (Marga Lin)

asal usul marga lim (marga lin)Asal Usul Marga Lim  – Marga Lim [林] atau dalam bahasa Mandarin disebut dengan Marga Lin adalah marga terbesar kedua di Taiwan dan menduduki urutan ke 17 di daratan Tiongkok (China). Dalam Buku Ratusan Marga Tionghoa (Bai Jia Xing [百家姓]), Marga Lim berada di posisi 147. Selain di Tiongkok dan Taiwan, Marga Lim juga terdapat di Korea dan berbagai Negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam dan Indonesia. Dalam perkenalan, Marga Lim sering disebut dengan dengan istilah “Double Mu Lim [双木林 (Shuang Mu Lin)]”, hal ini dikarenakan Tulisan Lim [林] merupakan gabungan 2 karakter Mu [木].

Berasal dari Marga Zi [子]

Bi GanAsal usul Marga Lim yang berasal dari Marga Zi dapat ditelusuri hingga Dinasti Shang. Leluhur Marga Lim adalah Bi Gan [比干] yang juga merupakan pamannya Raja Shang Zhou Wang [商紂王]. Marga Bi Gan adalah Marga Zi [子].  Bi Gan adalah seorang Pejabat tinggi Dinasti Shang [商朝] yang sangat setia sehingga selalu memberikan nasihat dan kritik yang pedas terhadap kekejaman Raja Shang Zhou Wang dengan harapan Raja Shang Zhou Wang dapat berubah dan memerintahkan Dinasti Shang dengan Bijaksana. Tetapi Kritik Bi Gan tersebut malah membuat Raja Shang Zhou Wang semakin membencinya yang akhirnya menghukum Bi Gan dengan menggali hatinya di depan pejabat lainnya. Raja Shang Zhou Wang juga memerintahkan prajurit Shang untuk mengepung rumah Bi Gan dengan maksud untuk membunuh  keluarganya. Bi Gan memiliki 2 istri yang masing-masing sedang hamil. Salah satu Istinya berhasil ditangkap dan langsung dihukum mati. Sedangkan satunya lagi yang berhasil lolos dari pengepungan tersebut dan menyembunyikan diri di Hutan”Chang Lin Shi Shi [長林石室]” (Sekarang di Provinsi Henan, Tiongkok). Dalam penyembunyiannya, Istri Bi Gan melahirkan seorang putera dengan nama “Jian [堅]” . Setelah Raja Zhou Wu Wang [周武王] menggulingkan pemerintahan Dinasti Shang dan mendirikan Dinasti Zhou. Raja Zhou Wu Wang menganugrahi Marga Lin (Marga Lim) kepada Jian [堅]. Keturunan Lin Jian  [林堅] kemudian menggunakan Lin sebagai Marganya dan berkembang menjadi Marga Lin yang terbesar yang mayoritasnya berada di Provinsi Henan. Marga Lim ini sering disebut juga dengan Marga Lim Henan atau “Henan Lin Shi [河南林氏]”.

Berasal dari Marga JI [姬]

Selain berasal dari Marga Zi, Marga Lim juga berasal dari Marga Ji. Marga Ji [姬] adalah Marga Raja pada Dinasti Zhou. Raja Zhou Ping Wang [周平王] memiliki seorang Putera yang bernama “Lin [林]”. Keturunannya kemudian menggunakannamanya sebagai Marga.

Sebutan-sebutan lainnya untuk Marga Lim

Sebutan Marga Lin [林] berbeda-beda menurut bahasa daerah masing-masing, di bahasa Hokkien dan Teochew  menyebutkannya Marga Lim, bahasa Hakka menyebutkannya Marga Lim sedangkan bahasa Kantonis menyebutkannya Marga Lam.

 

Tokoh-tokoh Terkenal Marga Lim

Lin Fang [林放], Siswa utama Kong Fu Cu
Lin Shi Hong  [林士弘], Raja Negara Adipati Chu di Dinasti Sui
Lin Ze Xu [林則徐], Pejabat tinggi di Dinasti Qing yang bertugas memberantas Opium
Lin Dan [林丹], Peraih Medali Emas Badminton di Olimpiade tahun 2008

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*