_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"www.dinaviriya.com","urls":{"Home":"http://www.dinaviriya.com","Category":"http://www.dinaviriya.com/36-strategi/","Archive":"http://www.dinaviriya.com/2017/05/","Post":"http://www.dinaviriya.com/nama-negara-di-dunia-dalam-bahasa-mandarin/","Page":"http://www.dinaviriya.com/idiom-mandarin-cheng-yu/","Attachment":"http://www.dinaviriya.com/nama-negara-di-dunia-dalam-bahasa-mandarin/nama-nama-negara-dalam-bahasa-mandarin/","Nav_menu_item":"http://www.dinaviriya.com/1357/","Wpcf7_contact_form":"http://www.dinaviriya.com/?post_type=wpcf7_contact_form&p=255"}}_ap_ufee

PanGu, Sang Pencipta Langit dan Bumi

Dongeng China

PanGu, Sang Pencipta Langit dan Bumi – Hampir setiap negara ataupun bangsa memiliki dongeng ataupun cerita yang indah mengenai terbentuknya dunia ini. Menurut bangsa barat, Dunia yang kita tinggal ini dan segala isinya adalah ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa, Tuhan kemudian menciptakan Adam dan kemudian Adam menggunakan tulangnya menciptakan Hawa sehingga terciptalah Manusia. Namun di China, Dunia ini diciptakan oleh Pangu [盘古] dan Manusia diciptakan oleh Nuwa [女娲].

Dongeng China, Pangu Sang Pencipta Langit dan Bumi

PanGu, Sang Pencipta Langit dan Bumi

Sekitar 3.260.000 tahun yang lalu, tata surya yang baru terbentuk belum ada langit dan bumi, segala sesuatu masih menyatu dan kacau, belum ada atas bawah kiri kanan, juga belum ada arah angin Barat, Timur, Selatan dan Utara. PanGu terbentuk dari kondisi bumi yang masih dalam kacau tersebut.  Setelah 18.000 tahun, PanGu mulai memiliki perasaan, namun yang ada hanya kegelapan, apapun tidak terlihat. PanGu kemudian mencabut giginya dan merubah giginya menjadi sebuah kapak. Dengan Kapak tersebut, PanGu membelah bumi menjadi 2 bagian yaitu bagian yang ringan dan bagian yang berat. Bagian yang ringan dan terang melayang naik ke atas menjadi langit, bagian yang berat turun kebawah menjadi bumi. PanGu kemudian menggunakan tangannya menahan langit dan kakinya menginjak bumi, dengan demikian PanGu bertumbuh diantara langit dan bumi.

PanGu terus bertumbuh diantara langit dan bumi, langit setiap hari tinggi 10 kaki atau sekitar 3 meter, bumi juga bertambah tebal 10 kaki setiap harinya, PanGu pun setiap hari tumbuh tinggi 10 kaki. Setelah 18.000 tahun, langit menjadi sangat tinggi, bumi menjadi sangat tebal. Tubuh PanGu pun semakin panjang. Demikian PanGu hidup bersama dengan langit dan bumi selama 18.000 tahun.

Setelah meninggal dunia, mata kiri PanGu berubah menjadi Matahari, mata kanannnya berubah menjadi Bulan, nafasnya berubah menjadi angin dan awan, keringat menjadi danau, darahnya berubah menjadi sungai, rambut berubah menjadi padang rumput dan hutan, suaranya menjadi suara petir. Kepala dan badan PanGu berubah menjadi Gunung-gunung di bumi ini, gigi dan tulangnya menjadi bebatuan, logam dan Mineral yang berharga, Sumsung Tulang menjadi berlian mulia. PanGu mempersembahkan seluruh tubuhnya untuk bumi ini dan semua isinya.

Belajar bahasa Mandarin :
10 kaki dalam bahasa Mandarin disebut dengan Yi Zhang [一丈] sedangkan bahasa Inggris adalah 10 Feet.

1 Comment on PanGu, Sang Pencipta Langit dan Bumi

  1. Dongeng menjelang tidur……….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*