_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"www.dinaviriya.com","urls":{"Home":"http://www.dinaviriya.com","Category":"http://www.dinaviriya.com/36-strategi/","Archive":"http://www.dinaviriya.com/2017/09/","Post":"http://www.dinaviriya.com/kumpulan-ucapan-selamat-festival-zhong-qiu-mid-autumn-mandarin-beserta-pinyin-artinya/","Page":"http://www.dinaviriya.com/idiom-mandarin-cheng-yu/","Attachment":"http://www.dinaviriya.com/nama-negara-di-dunia-dalam-bahasa-mandarin/nama-nama-negara-dalam-bahasa-mandarin/","Nav_menu_item":"http://www.dinaviriya.com/1357/","Wpcf7_contact_form":"http://www.dinaviriya.com/?post_type=wpcf7_contact_form&p=255","Insertpostads":"http://www.dinaviriya.com/insertpostads/native-ads-post/"}}_ap_ufee

Idiom Mandarin : Yi Zi Qian Jin [一字千金]

Cerita Asal Usul Cheng Yu (Idiom Mandarin)

cerita Idiom Mandarin, Yi Zi Qian Jin [一字千金]

Tulisan dalam Mandarin : 一字千金
Pinyin : yī zì qiān jīn
Terjemahan ke Bahasa Indonesia : Satu Karakter seharga Seribu Emas

 Artinya : Memuji sebuah karya karangan atau buku yang sangat bagus dengan isi yang sangat berharga.

Asal usul Idiom Yi Zi Qian Jin [一字千金]

Setelah Dinasti Qin mempersatukan daratan China, Lu Buwei [吕不韦] yang saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri mengrekrut sekitar 3000 orang staff yang berpengetahuan luas dan berprestasi di masing-masing bidangnya. Mereka diminta untuk menuliskan semua pengetahuan yang mereka ketahui ke dalam sebuah buku.

Karena Daratan China telah dipersatukan, para staff yang disebut dengan “Men Ke [门客]” ini dapat dengan tenang dan konsentrasi dalam berkarya. Tak lama kemudian, karya besar yang berisikan dua ratus ribu lebih karakter tersebut selesai disusun dan dibukukan menjadi 26 Jilid. Karena Buku tersebut diselesaikan oleh para staff Lu Buwei, maka buku tersebut disebut Lu Shi Chun Qiu [吕氏春秋].

Buku Lu Shi Chun Qiu ini berisikan segala sesuatu yang ada dalam alam semesta ini, mulai dari pertanian, budaya, hukum, sejarah, geologi hingga astrologi. Benar-benar merupakan sebuah Ensiklopedia Maha Karya pada zaman tersebut.

Dengan bangganya, Lu Buwei memerintahkan bawahannya untuk mengirimkan naskah asli Lu Shi Chun Qiu ke Ibukota Dinasti Qin, Kota Xian Yang [咸阳]. Naskah asli buku tersebut kemudian dipamerkan di depan pintu gerbang masuk kota Xian Yang. Lu Buwei mengumumkan kepada semua rakyat, siapa yang dapat menunjukkan kesalahan buku tersebut dan memperbaikinya akan dihargai seribu potong emas untuk satu karakter. Namun karena Lu Buwei menjabat posisi pemerintahan yang sangat tinggi yaitu sebagai Perdana Menteri, tidak ada seorangpun yang berani menunjukan kesalahan buku tersebut. Akhirnya tidak ada satu karakter ataupun katapun yang diperbaiki.

Istilah “Yi Zi Qian Jin [一字千金]” ini kemudian digunakan sebagai idiom yang mengumpamakan suatu pujian terhadap sebuah karya karangan maupun buku yang sangat bagus dengan isi yang sangat bermanfaat dan berharga.

Belajar Bahasa Mandarin

Berikut ini adalah arti dari karakter mandarin dalam idiom/cheng yu 【成语】“Yi Zi Qian Jin [一字千金]”.

一 [yī] = Satu

字 [zì] = Karakter/huruf

千[qiān] = Seribu

金 [jīn] = Emas

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*