_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"www.dinaviriya.com","urls":{"Home":"http://www.dinaviriya.com","Category":"http://www.dinaviriya.com/36-strategi/","Archive":"http://www.dinaviriya.com/2017/05/","Post":"http://www.dinaviriya.com/nama-negara-di-dunia-dalam-bahasa-mandarin/","Page":"http://www.dinaviriya.com/idiom-mandarin-cheng-yu/","Attachment":"http://www.dinaviriya.com/nama-negara-di-dunia-dalam-bahasa-mandarin/nama-nama-negara-dalam-bahasa-mandarin/","Nav_menu_item":"http://www.dinaviriya.com/1357/","Wpcf7_contact_form":"http://www.dinaviriya.com/?post_type=wpcf7_contact_form&p=255"}}_ap_ufee

Asal Usul Marga Zhou (Marga Chew)

Asal usul Marga Zhou (Chew)Asal Usul Marga Zhou (Chew) – Marga Zhou [周] merupakan salah satu Marga Terbesar Tionghoa di Dunia. Di urutan Ratusan Marga Tionghoa, Marga Zhou menduduki posisi ke 5. Sedangkan berdasarkan data yang dikutip dari situs Baidu, Marga Zhou merupakan Marga Terbesar ke-9 di daratan Tiongkok atau sekitar 2,1% dari Suku Han Tiongkok. Dalam bahasa Hokkian dan Teochew, Marga Zhou disebut dengan “Chew” sedangkan di Hongkong menyebutkannya “Chow”. Marga Zhou juga merupakan salah satu marga Tionghoa yang memiliki sejarah yang lama.

Asal Usul Marga Zhou

Pada dasarnya, terdapat dua asal usul marga Zhou yaitu berasal dari nama Dinasti Zhou oleh Raja Zhou serta bangsawan-bangsawannya dan pergantian Marga Ji di Dinasti Tang.

Berasal dari Nama Dinasti Zhou [周朝]

Dinasti Zhou [周朝] adalah Dinasti yang berkuasa di daratan Tiongkok pada tahun 1066SM-256SM. Setelah Pemerintahan Dinasti Zhou digulingkan oleh Dinasti Qin [秦朝] pada tahun 256SM, Raja terakhir Dinasti Zhou yaitu Raja Zhou Nan Wang [周赧王] beserta keluarga dan Bangsawan-bangsawan Dinasti Zhou kemudian dipindahkan ke kabupaten Lin Ru [臨汝], Provinsi Henan [河南]. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Keluarga Zhou. Keluarga Raja Zhou dan Bangsawan-bangsawan yang masih setia dengan Kaisar Zhou ini kemudian menggantikan Marganya menjadi Marga Zhou. Oleh Karena itu, Raja pertama Dinasti Zhou yaitu Zhou Wen Wang [周文王] dianggap sebagai leluhur Marga Zhou.

Berasal dari Marga Ji [姬]

Pada zaman Dinasti Tang [唐朝], tepatnya di masa pemerintahan Kaisar Tang Xuan Zong [唐玄宗]. Nama asli Kaisar Tang Xuan Zong adalah Li Long Ji [李隆基], Ji [基] yang terdapat di nama Kaisar ini memiliki nada yang mirip dengan Ji [姬] Marga. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebagian besar warga Marga Ji kemudian menggantikan marga mereka menjadi Marga Zhou [周].

Tokoh-tokoh Terkenal Marga Zhou

Zhou Bo [周勃], Perdana Menteri di masa Kaisar Han Wen Di [汉文帝].
Zhou Yu [周瑜], Jenderal Besar Negara Kerajaan Wu pada masa Samkok [三国].

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*