_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"www.dinaviriya.com","urls":{"Home":"http://www.dinaviriya.com","Category":"http://www.dinaviriya.com/36-strategi/","Archive":"http://www.dinaviriya.com/2017/09/","Post":"http://www.dinaviriya.com/kumpulan-ucapan-selamat-festival-zhong-qiu-mid-autumn-mandarin-beserta-pinyin-artinya/","Page":"http://www.dinaviriya.com/idiom-mandarin-cheng-yu/","Attachment":"http://www.dinaviriya.com/nama-negara-di-dunia-dalam-bahasa-mandarin/nama-nama-negara-dalam-bahasa-mandarin/","Nav_menu_item":"http://www.dinaviriya.com/1357/","Wpcf7_contact_form":"http://www.dinaviriya.com/?post_type=wpcf7_contact_form&p=255","Insertpostads":"http://www.dinaviriya.com/insertpostads/native-ads-post/"}}_ap_ufee

Asal Usul Marga Goh (Marga Wu)

Asal usul Marga Goh (Marga Wu)Asal Usul Marga Goh (Marga Wu [吴氏]) – Marga Goh atau dalam bahasa Mandarin disebut dengan Marga Wu adalah salah satu dari ratusan marga yang terdapat dalam masyarakat Tionghoa. Di Buku Ratusan Marga Tionghoa atau “Bai Jia Xing [百家姓]”, Marga Goh atau Marga Wu ini berada di urutan nomor ke-6 sedangkan dalam data statistik pemerintah China, Marga Goh merupakan Marga Terbesar ke-10. “Goh” pada dasarnya adalah sebutan dalam dialek bahasa Teochew dan Hokkian di Asia Tenggara seperti Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Asal Usul Marga Goh (Marga Wu [吴氏])

Asal-usul Marga Goh atau Marga Wu ini dapat ditelusuri menjadi beberapa asal-usul utama yaitu berasal dari Marga Jiang [姜] Kaisar Yan, Marga Zhurong suku Wuhui [吴回], Marga Yao [姚] Kaisar Shun dan Marga Ji [姬] Kaisar Huang. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

Berasal dari Marga Jiang [姜]

Asal-usul pertama adalah berasal dari Kaisar Yan yang bermarga Jiang [姜]. Pada zaman sebelum Kaisar Yan, terdapat sebuah suku yang bermarga Jiang. Suku tersebut menggunakan binatang yang bernama Zouyu [驺虞] sebagai lambangnya. Zouyu merupakan binatang dongeng yang sangat baik yang kepalanya seperti seekor singa dan tubuhnya berbentuk seperti seekor Harimau dengan ekor yang sangat panjang. Zouyu berwarna putih dan bergaris hitam. Diceritakan bahwa binatang Zouyu ini merupakan binatang yang sangat baik dan hanya memakan hewan lainnya yang memang sudah mati secara alamiah. Deskripsi Binatang ini pernah dicatat dalam kitab yang bernama “Shan Hai Jing [山海经]” atau Kitab Gunung dan Laut.

Pada zaman dulu kala di China, sebutan Yu [虞] pada binatang Zouyu [驺虞] ini memiliki nada sebutan yang sama dengan Wu [吴].  Pada saat itu, Kedua Karakter ini dapat saling digunakan dengan arti dan nada sebutan yang sama hingga pada zaman Zhan Guo (Zaman Negara Berperang) kedua karakter tersebut baru dibedakan nada sebutan dan penggunaannya.

Suku yang memakai Wu atau Yu sebagai lambangnya ini kemudian menyebutkan dirinya sebagai Suku Wu. Suku Wu merupakan suku yang pemberani dan sangat ahli dalam berburu, kepala sukunya bernama Wu Quan [吴权]. Wu Quan merupakan salah satu Menteri besar dalam pemerintahaan Kaisar Yan.

Suku Wu beraktifitas di sekitar di sungai Jiang dan menghuni di Gunung Wu. Pada zaman Dinasti Xia, Suku Wu kemudian berpindah ke Guan Jin [观津] (sekarang di Provinsi Hebei, China). Di zaman Pemerintahan Kaisar Xia ShaoKang, ada seorang pemanah hebat yang bernama Wu He [吴贺]. Keturunan Wu He yang bermarga Jiang dalam Suku Wu ini kemudian menggunakan Marga Wu sebagai Marganya. Asal usul Marga Goh (Marga Wu) ini telah memiliki sejarah sekitar 5000 tahun hingga saat ini.

Berasal dari Marga Zhurong [祝融氏]

Asal usul kedua adalah berasal dari Marga Zhurong [祝融] dalam suku Wuhui. Cucu Zhuanxu [颛顼] yang bernama Lao Tong [老童] memiliki dua anak yaitu Zhongli [重黎] dan Wuhui [吴回]. Suku Keturunan Wuhui yang bertempat tinggal di wilayah Marga Jiang Suku Wu ini diberi tugas oleh Kaisar Shun [舜] untuk menangani masalah “Api’. Pada zaman tersebut, pemimpin yang bertugas dalam penanganan masalah “Api” disebut sebagai “Zhurong shi [祝融氏]” dan merupakan orang yang sangat dihormati serta memiliki kekuasaan yang besar.

Pada Dinasti Xia juga, Keturunan Wuhui ini pindah ke Gunung Wu Shanxi, sedangkan pada Dinasti Shang mereka berpindah ke Lin Qu [临朐] Shandong. Dalam sejarah kelompok Suku Wuhui ini disebut dengan Wang Wu [王吴]. Keturunan Marga Wu kelompok ini telah memiliki sejarah sekitar 4000 tahun.

Berasal dari Marga Yao [姚]

Asal usul ketiga adalah berasal dari Marga Yao. Shun adalah pemimpin suku Dong Yi [东夷] yang menggantikan kepemimpinan Yao [尧]. Di saat kepemimpinannya, Shun memindahkan suku Dong Yi ini ke wilayah Wu (sekarang di Provinsi Shanxi), sejarah menyebutnya sebagai Suku Marga You Yu [有虞氏]. Setelah anak Yu mendirikan Dinasti Xia, Anak Shun yang bernama Shang Jun [商均] diberikan sebuah wilayah dinamakan dengan Tanah Yu [虞地] (sekaran ini di Henan). Wilayah tersebut kemudian menjadi negara adipati Dinasti Xia dengan nama Negara Yu [虞国].

Dua Putri Raja Negara Yu kemudian menikah dengan Kaisar Dinasti Xia Shao Kang, Raja Negara Adipati Yu juga berjasa membantu Kaisar Xia Shao Kang melakukan pembangunan kembali Dinasti Xia. Pada Dinasti Shang, Negara Yu menjadi semakin lemah dan akhirnya musnah.  Pengungsi-pengungsi yang berasal dari Negara Yu kemudian menggunakan Marga Wu sebagai Marga mereka. Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa karakter Yu [虞] dan Wu [吴] memiliki nada sebutan dan arti yang sama.

Di akhir pemerintahan Dinasti Qin, seorang pemimpin pemberontakan Dinasti Qin terkenal yang bernama Wu Guang [吴广] adalah keturunan Marga Wu yang berasal dari Marga Yao ini. Hingga saat ini, Marga Wu ini telah memiliki sejarah sekitar 3500 tahun.

Berasal dari Marga Ji [姬]

Asal usul yang keempat adalah berasal dari Marga Ji. Keturunan Marga Wu yang berasal dari asal usul ini adalah Marga Wu yang paling banyak dan yang paling berpengaruh hingga zaman sekarang ini. Banyak Marga Wu yang mengakui dari asal-usul ini.

Leluhu Marga Goh (Marga Wu) - Wu TaiboDi akhir pemerintahan Dinasti Shang, Keturunan Kaisar Huang yang bernama Gu Gong Dan Fu [古公亶父] memimpin sukunya dan mendiami wilayah Zhou di kaki Gunung Qi [岐山] (sekitar Provinsi Shanxi). Dia  memiliki 3 anak yang masing-masing bernama Taibo [太伯], Zhongyong [仲雍] dan Jili [季历]. Anak Jili yang bernama Ji Chang [姬昌] (yang kemudian dikenal dengan Kaisar Zhou Wen Wang) sangat berbakat dalam hal kepemimpinan sehingga Gu Gong berencana mengangkat Jili (ayah Ji Chang) untuk menggantikannya agar Ji Chang dapat dengan sah menduduki kepemimpinan suku ini.

Untuk memuluskan rencana ayahnya, Taibo beserta adiknya Zhongyong membawa keluarga mereka ke sekitar wilayah Wuyue [吴越] dan didirikannyalah Negara Wu [吴国]. Pada zaman Chun Qiu [春秋] Negara Wu berhasil menjadi sebuah Negara yang kuat namun akhirnya berhasil dimusnahkan oleh Negara Yue. Rakyat Negara Wu yang mengungsi ke tempat lain kemudian menggunakan Wu [吴] sebagai Marganya.

Kelompok Marga Wu ini telah memilki sejarah sekitar 2600 tahun. Taibo [太伯] kemudian dikenal sebagai Leluhur Marga Wu.

Tokoh-tokoh Terkenal Marga Goh (Marga Wu)

  • 吴道子 [Wú dàozi] :    Pelukis terkenal di Dinastin Tang, dikenal sebagai guru besar pelukis china.
  • 吴广 [Wúguǎng] : Pemimpin pemberontakan Petani saat pemerintahan Dinasti Tang.
  • 吴三桂 [Wúsānguì] : Ahli Militer dan Politik, diangkat sebagai Pemimpin Militer Liao Dong dimasa Pemerintahan Kaisar Ming Chongzhen [明崇祯] serta gelar Raja Qi dan Raja Hanzhong. Pada tahun 1644, membantu Dinasti Qing mengguling pemerintahan Ming. Dinasti Qing kemudian memberinya gelar Raja Pingxi [平西王].
  • 吴夲 [Wú tāo] : Dokter terkenal yang sangat berbakat dan baik hati. Masyarakat pada saat itu menyebutkannya Wu Zhen Ren [吴真人].

1 Comment on Asal Usul Marga Goh (Marga Wu)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*